Era Kebangkitan Datsun

on Tuesday, March 20, 2012

  

"Hari ini, Indonesia menjadi negara pertama yang mengumumkan kembalinya Datsun ke dunia,"  Calos  Ghosn    

Merek mobil asal  Jepang yang dikontrol oleh  Nissan Motor Co, Ltd  ini vacum dalam dekade yang cukup lama, mereka menghentikan merek Datsun pada Maret 1986 . Merek Datsun cukup terkenal dengan mobil sport mereka seperti mobil roadster Fairlady dan Koupe Fairlady (240Z). Datsun juga cukup terkenal di Indonesia dengan kendaraan pick-up Datsun 620 (Datsun 1500) pada eranya. Tak hanya di Indonesia, di Inggris merek Datsun juga sangat dikenal reputasinya untuk mobil sport. Salah satunya pada 1970-an adalah 240Z dan Sunny hatchback.

Berita gembira untuk para penggemar Datsun perihal era kebangkitannya akhirnya menjadi kenyataan. CEO Nissan-Renault Calos Ghosn mengumumkan secara publik akan hal ini di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta Selatan, selasa (20/3), dikutip dari kompas.com .

Datsun merupakan bagian dari sejarah Nissan di dunia, termasuk Indonesia. " Produksi akan dimulai tahun 2014 sejalan dengan beroperasinya pabrik baru di Cikampek, Jawa Barat, Indonesia " ucap Ghosn.. Untuk tahap awal, produksi Datsun akan fokus di tiga negara, Indonesia, India dan Rusia, dan mereka juga mengumumkan akan menambah komitemen investasi senilai 400 juta dolar AS sehingga total kapasitas produksi mencapai 200.000  - 250.000 unit pada tahun 2014. mengusung konsep low cost & green car (LCGC) yang tengah dipersiapkan pemerintah. Dengan konsep ini. Datsun akan dibandrol di bawah Rp 100 juta dan punya kemampuan konsumsi bahan bakar minimal 22 kpl.

Dijelaskan  bahwa, apabila Datsun kembali, akan menjadi sub-merek dari Nissan yang menargetkannya sebagai mobil ekonomis dengan  harga terjangkau. Strategi ini mengikut langkah yang dilakukan perusahaan saudara Nissan asal Prancis, Renault dengan sub-mereknya, Dacia, Datsun dilot sebagai kembaran dari Dacia (rebadged). Datsun merupakan program jangka menengah Nissan yang “Power 88 project”. Setiap enam minggu, dalam enam tahun mendatang akan diluncurkan satu model baru.

Takayuki Kimura, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan, Nissan menjadi merek paling lengkap dan  melengkapi formasi  trisula unggulan di Indonesia, yakni  Datsun (low-medium level), Nissan (level medium) dan Infiniti (level premium).

Mengenai mesin akan tetap mengikuti persyaratan yang ditentukan antara 1.000-1.200 cc jika insentif sudah diperoleh. Namun mengenai strategi pemasaran, Nissan masih merahasiakannya, termasuk potensi pasar, dan jumlah produksi yang akan digunakan untuk Datsun.


Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

 
© Youdapreneur | All Rights Reserved
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...